Wednesday, March 21, 2012

Tips Dan Trik Memancing ikan MUJAIR

Saya akan membagikan beberapa Trik memancing ikan mujair yang saya dapat dari pengalaman pribadi serta beberapa info dari pemancing lainya. Lokasi yang akan kita pilih kali ini adalah di Rawa atau Waduk/bendungan.
 1. Persiapan Alat.
     Pergunakan joran tegek dengan panjang 360cm sampai 450cm sesuai   dengan keinginan anda untuk mendapatkan sensasi strike. Senar yang digunakan Dia: 0.50mm Test : 40Lbs kemampuan diatas 2kg, atau anda dapat memilih sesuai keinginan anda.
joran tegek
Pelampung menggunakan pelampung jalan karena memiliki sensitifitas tinggi apabila umpan dimakan oleh ikan terutama jenis mujair ( seperti pada gambar ).Kita pilih mata pancing atau kail ukuran no. 3,4 atau 5. Saya rekomendasikan anda untuk menggunakan mata kail atau pancing bermerk SASAME karena memiliki ketajaman yang lumayan baik.
2. Persiapan Umpan.
Umpan yang digunakan untuk memancing ikan mujair paling efektif menggunakan lumut.
3. Persiapan Memancing. 
    Sebelum kita memancing ikan mujair kita tebarkan dahulu Chum / sawer / tabur. Kita dapat menggunakan dedak sebagai umpan tabur kita. Di beberapa tempat tabur beras juga terbukti efektif untuk memanggil dan mengumpulkan ikan. Beras yang digunakan sebaiknya menggunakan beras ketan. Ada juga beberapa rekan saya yang menggunakan tabur ponska (sejenis pupuk). Tapi tabur ini hanya efektif apabila suhu dalam keadaan panas dan kurang efektif apabila mendung.
Tunggu saja dalam beberapa menit, apabila mulai  muncul gelembung gelembung kecil pada permukaan air, itu merupakan pertanda bahwa ikan telah berkumpul dan memakan umpan tabur kita.
4. Persiapan Umpan.
    Sebelum lumut kita gunakan masukan air secukupnya ke dalam ember kecil berukuran5kg, kemudian masukan vanili dan aduk hingga rata. Vanili akan membuat lumut lebih beraroma dan ikan mujair sangat menyukainya, ini sudah saya buktikan sendiri bersama rekan pemancing lainya di beberapa tempat yang berbeda, dan hasilnya bisa anda buktikan sendiri. Masukan lumut yang akan kita jadikan umpan dan aduk perlahan agar lumut tidak rusak. Lindungi lumut dari terpaan sinar mata hari langsung karena campuran lumut denga vanili akan cepat rusak apabila terkena sinar mata hari.

    Pemasangan umpan lumut pada mata kail bisa dengan memasukannya kedalam ember dan di putar perlahan, maka umpan akan membungkus mata kail. Akan tetapi ada beberapa jenis lumut yang hanya bisa dipasang dengan cara dililitkan pada mata kail. Sekarang anda harus siap siap untuk STRIKE ikan mujahir.
senar 
dedak
pelampung jalan





mata kail
pemasangan lumut
lumut dicampur vanili
lumut       




    Selamat mencoba dan mudah mudahan tips ini dapat membantu anda dalam merasakan sensasi strike dari ikan mujahir



13 comments:

  1. upload video mungkin amat sangat bermanfaat mengenai cara pemasangan lumut pada mata kail

    ReplyDelete
  2. cara memancing mujair di tambak yg airnya jernih sehingga ikanya kelihatan gimana gan,,???
    pake cacing dia gak mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai lumut bisa jadi pilihan soalnya ikan mujahir kagak bakalan bisa menolaknya,...hehehe,...

      Delete
  3. tipsnya sangat membantu
    trims gan..........!!

    ReplyDelete
  4. Met pagi gan, saya mau tanya, kalau mujair udah naik ke permukaan kan sulit tuh dipancing, itu caranya gmn gan, mohon bimbingannya....

    ReplyDelete
  5. klo itu d jala jala jaaaa....
    jngn d pancing lgi....buang2 waktu jaaa....wkwkwk...

    ReplyDelete
  6. wah pantesan w kmren mancing di danau sunter pake lumut tapi gak di makan2,tapi di sebelah w di makan mulu...berarti itu pake panili y,.....mancing gak dapet tapi pulang bawa ikan soalnya di kasih si sama yg mancing yg sebeleh w ....

    ReplyDelete